Tuesday, January 15, 2013

Apa nama anggrek ini ??????

Anggrek ini saya dapatkan dari rumah Mas Nanang di CD, katanya ini anggrek Rawa, karena banyak di temukan di rawa-rawa sekitar HTI sini di Tanjab Barat.
Ciri-cirinya : lihat sendiri foto bunganya (jelas kan)

Untuk yang lain-lain seperti sifat tumbuhnya, ini anggrek bisa tumbuh di tanah....terrestrial dong.
Di depan rumah sudah beberapa kali berbunga.  Kalo berbunga satu-satu, dan lepas hari sudah layu.
Biji...aku belum pernah dapat, mungkin serangga penyerbuknya mungkin belum sukses membuahi sel.

Kalo dilihat sih, ini pasti masuk jenis Epidenraceae yang speciesnya ribuan, dan akarnya juma yang ada di tanah.


Kalo melihat foto ini, kog seperti lokasinya di Pengalengan, tapi foto ini diambil di mess sS Tapa, sampingnya parit.  Fotonya pake Nokia C3.


Kali ini dia mau menghasilkan pod, padahal sebelum sebelumnya di enggan menghasilkan pod.  Ini karena tidak ada yang menyerbuki atau posisnya yang terbuka tidak dibawah naungan.  Tapi setelah saya pindah ke bawah naungan , yaitu pohon jambu air, dia malah mau berbunga dan berbuah.  Paragraph ini diketik pada tanggal 25 Juli 2013, pukul 16.30 WIB.

3 comments:

  1. belum sempat dipollinasi, siangnya bunganya sudah layu. inilah kelemahan anggrek species, nggak tahan lama, mudah layu, padahal bunga cantik, apalagi kalau banyak

    ReplyDelete
  2. Awal tahun 2016 saya ada lihat anggrek ini di daerah aceh singkil, ternyata anggrek jenis ini cukup luas penyebarannya. Masih hidup ditanah. Hutannya sudah pada habis ditumbang untuk sawit. Kasihan juga, pada kemana species anggrek yang dulu tinggal di pohon-pohon. Beberapa jenis anggrek tanah masih bisa saya temukan terutama epidendrum yang merah, kuning dan beberapa anggrek yang daunnya mirip daun bawang merah.

    ReplyDelete
  3. Di daerah rupat, ketika dinas ke satelit nursery pt srl juga ada tumbuh si sekitaran parit kanal. sepertinya sebarannya luas di sumatra dari aceh sampai riau.

    ReplyDelete